Perbedaan Antara Zero dan Tare pada Timbangan Digital

Tirta Scale – Apakah Anda pernah memperhatikan fitur tare dan zero pada timbangan digital Anda?

Dalam timbangan digital, tombol “Daya/TARE” sering kali digunakan untuk menghidupkan atau mematikan timbangan serta mengatur fungsi tare dan zero. Namun, apakah Anda tahu perbedaan antara kedua fungsi ini?

Memahami fungsi zero dan tare akan membantu Anda menimbang bahan dengan lebih akurat!

Apa Itu Tare?

Tare adalah fitur yang memungkinkan Anda menimbang isi suatu wadah tanpa menghitung berat wadah itu sendiri. Misalnya, ketika Anda ingin menimbang seporsi nasi, Anda tidak mungkin langsung meletakkan nasi di atas timbangan karena bisa berantakan dan mengotori timbangan. Solusinya, Anda menempatkan nasi dalam mangkuk, lalu menaruh mangkuk tersebut di atas timbangan.

Dengan menggunakan fungsi tare, timbangan akan menghilangkan berat mangkuk, sehingga yang terukur hanya berat nasi. Jika Anda perlu menambahkan bahan lain ke dalam mangkuk yang sama, Anda tidak perlu mengulangi proses dari awal. Cukup gunakan fungsi tare setiap kali menambahkan bahan baru, dan timbangan akan terus menghilangkan berat mangkuk serta bahan sebelumnya, sehingga Anda mendapatkan berat akurat dari bahan yang baru ditambahkan.

Apa Itu Zero?

Fungsi zero pada timbangan adalah untuk mengatur ulang pembacaan timbangan kembali ke nol. Misalnya, jika timbangan menunjukkan berat tertentu padahal tidak ada apa pun di atasnya, Anda perlu menggunakan fungsi zero. Dengan fungsi zero, timbangan akan diatur ulang ke nol sehingga Anda bisa mendapatkan pembacaan yang akurat saat mulai menimbang.

Fungsi zero hanya digunakan ketika timbangan seharusnya menunjukkan nol, tetapi tidak melakukannya. Jangan gunakan fungsi tare untuk mengatur ulang timbangan ke nol.

Jadi, Apa Perbedaan Antara Zero dan Tare?

Meskipun zero dan tare sama-sama membantu dalam menimbang dengan akurat, keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Fungsi tare digunakan untuk menghilangkan berat wadah atau benda lain yang digunakan untuk menampung bahan yang ditimbang, sehingga Anda mendapatkan berat bersih dari bahan tersebut. Sedangkan fungsi zero digunakan untuk mengatur ulang timbangan ke nol ketika tidak ada benda yang seharusnya ditimbang.

Kesimpulan

Memahami fungsi zero dan tare pada timbangan digital sangat penting untuk mendapatkan hasil penimbangan yang akurat. Penggunaan yang tidak tepat bisa menyebabkan kesalahan dalam menimbang bahan makanan, yang dapat mempengaruhi tujuan nutrisi atau program penurunan berat badan Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui perbedaan antara zero dan tare untuk penggunaan timbangan yang lebih efektif.

Pusat timbangan digital terbaik dan terpercaya di Indonesia. Melayani pembuatan, service, kalibrasi dan maintenance timbangan digital. Melayani service timbangan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Layanan

Pembuatan timbangan

Service timbangan

Kalibrasi timbangan

Maintenance timbangan

Sparepart timbangan

Resources

Blog

Tentang kami

Kontak

Galeri

Kontak

Tirta Scale

Ruko Emerald Green, BSB City, No. C-7, Kota Semarang, Jawa Tengah 50219